Minggu, 23 November 2014

LIKE A PUZZLE

Kehidupan manusia hampir seperti kepingan puzzle yang harus dirangkai untuk menjadi utuh dan bisa dilihat bentuknya . tak perlu mencari dimana kepingan itu berada , semua sudah disiapkan sama yang mengatur hidup. Kita hanya perlu menyusunya sesuai kemauan kita . dari bawah , dari atas, dari samping, dari tengah terserah pada kita untuk memulainya, semua hanya akan pada akhir yang sama.

Saat kita menyusun kepingan kehidupan ini, tak perlu cemas dengan apa apa yang akan terjadi selanjutnya atau kehilangan kepingan berikutnya. Ketika kita mengkhawatirkanya hanya akan membuat kita takut dan tidak bisa menikmati menyusun kepingan yang saat ini kita pegang.

          Cemas, khawatir, sedih , senang , menderita atau keterperukan . semua ada di kepingan puzzle ini. Semuanya akan mempunyai warna yang berbeda yang membuat puzzle itu lebih indah pada akhirnya.selama kita masih mau menjalaninya dan tidak menyerah . Menyerah hanya akan meninggalkan kepingan ini kosong pada suatu bagianya, tidak akan sempurna ataupun indah pada akhirnya. Seperti orang yang mengakhiri hidupnya sendiri sebelum kepingan puzzle nya selesai, hanya seorang pecundang yang memiliki sifat pengecut seperti itu.
Terlalu takut melangkah dan membayangkan apa yang akan terjadi selanjutnya . bukankah hidup ini harusnya dinikmati entah apapun yang akan terjadi tak perlu ditakutkan, takut hanya akan membuat kita berhenti disatu titik.

          Bentuk , warna dan hasil setiap orang semua akan berbeda, tidak ada yang sama . karena setiap manusia punya kepingan yang berbeda dan ke istimewaan sendiri. Tak perlu takut untuk meunjukan siapa dirimu. Dunia ini luas untuk mengekspresikan apa yang ada di diri kita. Tak perlu berkecil hati ketika ada yang lebih baik dari kita atau lebih sempurna dari kita di kehidupan ini. Bertemanlah, berbaurlah, bergaulah lebih banyak dalam hidup ini, maka kamu akan tahu bahwa kepingan yang kamu kumpulkan selama ini mungkin masih monoton dan tak berbentuk, belajarlah dari mereka yang lebih baik dari kita atau lebih istimewa dari kita .
itu akan membuat kita lebih nyaman dalam menyusun warna dalam puzzle kita.

          Kadang apa yang kita susun dalam puzzle kita akan hilang atau berubah warna sesuai keadaan, tapi itulah bagian seru dalam hidup ini. Tak perlu cemas dan khawatir, cukup lanjutkan kepingan itu sesuai warna yang cocok dengan selanjutnya, bukan sama , tapi mengubah nya menjadi bagian penting dalam hidup ini. Apa yang sudah terjadi memang tak bisa kita ubah dalam dunia ini. Manusia hanya diberi kuasa untuk melanjutkan dan memperbaiki diri bukan mengubah apa yang sudah terjadi . mungkin ada beberapa dari kita yang bilang “ yang terjadi biarlah terjadi, tak perlu di pikirkan “ . menurutku itu kesalahan yang cukup fatal dalam hidup ini. Secara tidak langsung kita telah menyepelekan hal yang harusnya kita rubah . bagian yang gelap dan hancur bukanlah sesuatu yang harus dilupakan atau tak perlu di pirkan lagi tapi perlu kita jadikan sebagai bahan referensi agar kepingan kita tidak memiliki warna yang sama lagi disuatu tempat di masa depan, bagaimana merubah kepingan yang hitam dan hancur itu menjadi sesuatu yang lebih indah dan memberi warna lain dalam hidup ini adalah tugas kita di hari yan selanjutnya. Bukan hari ini atau hari sebelumnya. Hari kemarin adalah soal yang ada, hari ini adalah waktu kita memikirkan jawabanya dan hari esok adalah saatnya kita memasang puzzle yang sudah kita siapkan hari ini, tak perlu terburu2 untuk mengetahui hasil akhirnya, tidak akan seru jika kita terlalu terburu2 atau sudah mengetahui hasil akhirnya. Menikamtinya adalah hal yang paling indah yang ada didunia ini, mungkin kita akan kehabisan waktu dan tak menyelesaikan susunan puzzle kita, tak perlu menyesal selama kita menikmatinya dalam  menyusunya itu sudah lebih dari cukup dalam hidup kita, kebahagian yang sebenarnya adalah ketika kiita mengumpulkan kepingan2 puzzle itu, hasil akkhir hanya seperti bonus dari apa yang kita kerjakan selama ini, dan bonus tidak akan pernah lebih besar dari pada hal yang kita dapatkan sebelumnya.

          Ya puzzle tetaplah puzzle , bidang yang bisa kita buat menurut kemauan kita. Tapi sebenernya ada peraturan yang pasti dalam menyusunya. Kita tidak bisa memulainya dan langsung mendapatkan bagian indahnya. Harus tetap sabar merangkai kepingan2 selanjutnya. satu demi satu. Asal tidak mengganngu kehidupan orang lain atau merusak tembok kehidupan lain dalam hidup ini , lakukan semua yang ingin kita lakukan. Mungkin akan terlihat seperti ke egoisan kita dalam hidup ini , tapi egois hanya tergantug dari sudut pandang kita memandangnya . ini lebih seperti menghormati, menghargai dan saling teggang rasa dalam kehidupan ini ketika kita menikmati hidup ini.

          Hormati hak orang lain untuk menikmati puzzle yang mereka susun, sayangi alam dan lingkungan hidup kita Karena itulah bahan yang kita pakai untuk menyusun kepingan puzzle kita, dalam pandangan mata ku , lingkungan kita itu banyak orang2 yang melupakan apa yang telah berjasa dalam hidup kita . seperti pepatah habis manis sepah dibuang , sepertinya itulah yang di tanamkan oleh pendahulu2 kita dalam menyusun puzzle mereka. Dan mengalir lembut di dalam darah kita untuk menyusun puzzle dalam hidup kita sekarang. Menghancurkan apa yang yang telah berjasa pada kita, mengkhianati orang yang percaya pada kita, membuang kepercayaan orang lain pada kita, meninggalkan orang2 yang percaya pada kita untuk hal baru yang belum pasti, membuang para pahlawan dan menjunjung tinggi para pengkhianat. Dan itulah asyiknya hidup ini .
mungkin orang bilang apanya yang asyik dari hal tersebut, hanya mereka yang memikirkan kesempurnaan dan orang bodoh yang mengatakan hal seperti itu, berpikirlah positive , bahwa itu mampu memberi warna lain lagi dalam kepingan puzzle hidup kita yang beda dari yang lain. Asyik kan ?

          Pada akhirnya nikmatilah setiap kepingan puzzle yang kita kumpulkan , tak perlu iri dengan kepingan puzzle orang lain. Nikmati kehidupan mu sendiri, bebaskan dirimu, dan melangkahlah sejauh yang kau bisa, tengoklah kepingan mu sesekali untuk melanjutkan langkah kedepanmu yang labih indah dan jauh lagi . gapailah kesempurnaan menurut pandanganmu dan nikmatilah . berhubung kopi sudah habis habis juga ide untuk tulisan ini. Xixixixixixi tunjukan puzzle mu dengan bangga dan lengkapilah kepingan puzzle pasanganmu dengan keindahan yang sudah kamu kumpulkan selama ini.
God bless you guest. 

 

sumber image : mbah google.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar